Awali Tahun Ajaran Baru, HMTC adakan Welcoming

ok2bk

Kegiatan Mahasiswa Baru di ITS tahun ajaran 2013/2014 diawali dengan adanya kegiatan OK2BK, yaitu Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum. OK2BK ini merupakan kegiatan yang mengawali pengaderan dari tiap jurusan di ITS. Dengan jenjang waktu hanya seminggu, Mahasiswa ITS 2013 dituntut untuk mengenal teman seangkatannya tanpa terkecuali dan mengenal jurusannya masing-masing, termasuk mengenal ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua himpunan, wakil ketua himpunan, administrator laboratorium dan apa fungsi dari laboratorium tersebut. Latar belakang diadakannya kegiatan OK2BK ini adalah dikarenakan munculnya isu tentang kaderisasi masing-masing HMJ yang memberikan efek negatif berkepanjangan dengan bentuk intimidasi dan diskriminasi. Dengan OK2BK ini maka event pengaderan menjadi acara resmi dari rektorat dan diharapkan akan memberikan manfaat dalam perkembangan Mahasiswa ITS 2013 karena target pengaderan dari tiap jurusan harus jelas dan terukur, agar bisa dilaporkan kembali hasilnya ke rektorat.

OK2BK di Teknik Informatika diberi nama “HMTC Welcoming 2013”. Diubah menjadi demikian karena OK2BK akan terdengar abstrak oleh Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013, belum lagi menghafalkan kepanjangannya. Maka dari itu dibuat lebih mudah dengan kata welcoming yang dalam Bahasa Indonesianya adalah mempersilakan kedatangan, terdengar lebih ramah, sopan, dan menyenangkan oleh Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 dan tujuannya menjadi lebih jelas, membuat para Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 menjadi nyaman dengan jurusannya dengan perkenalan dan games mengenai lingkungan jurusan dan perkembangan pribadi.

Konsep acara OK2BK atau welcoming ini adalah joyful learning dan motivasional untuk menumbuhkan rasa nyaman bagi Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 dalam menjalani kehidupan perkuliahan di kampus serta menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap almamater ITS pada umumnya dan terhadap jurusan Teknik Informatika pada khususnya.

Ketua Himpunan Memimpin Olahraga di Acara Welcoming

Ketua Himpunan Memimpin Olahraga di Acara Welcoming

Tujuan diadakannya HMTC Welcoming 2013 ini adalah membantu Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 beradaptasi dalam kehidupan kampus sehingga sukses menimba ilmu, memiliki semangat juang Sepuluh Nopember yang aktif dan kompetitif, menanamkan nilai-nilai proaktif dan kemandirian agar menjadi mahasiswa tangguh, dan menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap alamamater ITS dan terhadap jurusan Teknik Informatika.

Kegiatan HMTC Welcoming 2013 hari pertama diadakan pada hari Senin, 2 September 2013 pukul 07:00 WIB. Acara dibuka oleh Pak Dwi Sunaryono, S.Kom, M.Kom selaku Sekretaris Jurusan, menggantikan Bu Dr.Eng. Nanik Suciati, S.Kom, M.Kom selaku Ketua Jurusan yang berhalangan hadir hari itu. Lalu ada materi akademik yang dibawakan oleh Bu Henning Titi Ciptaningtyas, S.Kom, M.Kom selaku Kepala Seksi Kemahasiswaan. Berikutnya ada pengenalan tentang Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informasi, tentang ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, wakil ketua, departemen-departemen dan lain sebagainya. Terakhir ada game angkatan yang meliputi pengenalan elemen kampus dan bendera cita-cita Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013.

Kegiatan HMTC Welcoming 2013 hari kedua diadakan keesokan harinya, Selasa, 3 September 2013 pukul 06:00 WIB. Acara mencakup penyampaian macam-macam laboratorium oleh Ketua Laboratorium dan tur ke masing-masing laboratorium yang ada di Teknik Informatika.

Kegiatan hari ketiga diadakan pada hari Rabu, 4 September 2013 pukul 06:00 WIB. Acara pada hari ketiga adalah tentang pengenalan Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika, yaitu mencakup pengenalan departemen Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika , departemen Keluarga Muslim Informatika, dan Schematics. Lalu dilanjutkan dengan berkunjung ke masing-masing departemen Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika.

Kegiatan hari keempat dilaksanakan pada hari Kamis, 5 September 2013 pukul 06:00 WIB. Acara yang diselenggarakan pada hari keempat adalah kompetisi logika dan motivasi berprestasi.

Kegiatan terakhir dan acara puncak terjadi pada hari Sabtu, 7 September 2013 pukul 06:00 WIB. Acara yang diadakan pada hari itu adalah post test untuk mengetes seberapa paham Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 dengan materi HMTC Welcoming 2013 selama empat hari sebelumnya. Lalu ada evaluasi keseluruhan dari panitia HMTC Welcoming 2013 untuk Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 sebagai bekal terakhir sebelum melepaskan Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 ke dunia perkuliahan yang sebenarnya. Terakhir ada acara penutupan Malam Akrab Teknik Informatika 2013 yang berfungsi sebagai penutup kegiatan HMTC Welcoming 2013 tahun ini.

Tujuan utama yang ditargetkan di HMTC Welcoming 2013 ini adalah saling kenalnya Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 antara satu dengan yang lainnya, agar saat perkuliahan nanti bisa lebih mudah saling bantu, lebih akrab dalam hidup dan berjuang bersama-sama.

Evaluasi dan kesan dan pesan dari Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 yaitu bahwa Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013 salut dengan panitia yang bekerja keras hingga larut malam demi suksesnya acara HMTC Welcoming 2013 ini. Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013  merasa sangat difasilitasi dan dibimbing oleh panitia terutama SC dan PH, Streering Commite dan Pengurus Himpunan, karena materi-materi yang dirasa berguna bagi Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013, karena banyak ilmu tentang etika yang diajarkan dan karena acara HMTC Welcoming 2013 yang dirancang sedemikian rupa untuk mempersatukan Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2013.

Share