NLC dan NPC 2013 Temukan Pemenangnya

Bluepress HMTC – Setelah hampir satu bulan berlalu sejak babak penyisihan National Logic Competition (NLC) dan National Programming Contest (NPC), akhirnya kemarin (20/10) babak perempat final hingga final dari kedua perlombaan ini pun dilangsungkan di gedung Teknik Informatika ITS.

Babak semifinal NLC sudah dimulai sejak pukul 8.30. Dari 103 tim yang lolos ke babak perempat final NLC, diseleksi kembali hingga hanya menyisakan 20 tim untuk mengikuti babak semifinal. Setelah babak semifinal yang dikonsep menggunakan sejumlah pos dengan berbagai tantangan logika berbeda pada setiap posnya, 10 tim dengan skor tertinggi akhirnya terpilih untuk mengikuti babak final NLC yang diadakan di Laboratorium Pemrograman 2, Teknik Informatika ITS.

Setelah persaingan sengit yang terjadi di babak final, akhirnya pada pukul 18.40 tim SINLUI_KRK dari SMAK St. Louis 1 Surabaya pun diumumkan sebagai pemenang. Skor dari tim yang terdiri dari Felix Adrian, Rafael Herman Yosef, dan Venansius Ryan ini memang sudah memimpin dari sesi pertama babak final, meskipun sempat diungguli oleh tim lain sepanjang berjalannya final, pada akhirnya tim merekalah yang memenangkan kompetisi logika ini. Juara kedua NLC 2013 adalah tim GML_48 dari SMAN Sragen BBS yang terdiri dari M. Iqbal Kinasih G, M.H.C. Al Haque, dan Tsesar Rizqi. Sementara juara tiga disabet oleh tim BLACKCATS dari SMAS K BPK Penabur GS yang beranggotakan Christian Anthony S dan Caesar Stefanus.

Berbeda dengan NLC yang diberi break pada setiap babaknya, finalis NPC menjalani babak finalnya sejak pukul 10.00 hingga pukul 15.00 non-stop. Teknis perlombaan NPC pun cukup menarik, untuk setiap problem yang diselesaikan oleh para finalis, mereka akan mendapatkan award berupa sebuah balon yang warnanya bergantung pada tingkat kesulitan problem yang mereka kerjakan.

Programming contest ini dijuarai oleh Gentur Waskito Triwinasis dari SMAN Sragen BBS. Kemudian dengan skor yang berbeda tipis, juara kedua diperoleh Zamil Majdy dari SMAN Semesta BBS. Sementara juara tiga diraih oleh peserta dari SMAN 3 Denpasar, I Gusti Ngurah Putra Sattvika.

Inilah akhir dari dua perlombaan tingkat nasional yaitu NLC dan NPC yang merupakan rangkaian acara dari Schematics 2013. Untuk yang belum menang, jangan menyerah dan silahkan mencoba lagi di NLC dan NPC yang akan datang. (ftr)

Share