Lulus Kuliah Mau Kemana?

DSCF3908

Setelah mahasiswa lulus kuliah, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah mau ke mana ia setelah lulus. Pertanyaan inilah yang dibahas dalam sesi “Langkah Lanjut Pasca Kuliah” di seminar Employee VS ITPreneur yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika (HMTC) ITS di Aula Jurusan Teknik Informatika, Sabtu lalu (12/4/2014).

Ada dua pilihan yang biasanya dihadapi oleh para fresh-graduate ini, apakah akan menjadi pegawai di sebuah perusahaan atau menjajaki dunia entrepreneurship. Untuk menghadapi dua opsi ini, kedua narasumber seminar telah memberikan sekilas tips dan trik agar para mahasiswa bisa mempersiapkan dirinya.

Pak Ufan sebagai seorang entrepreneur di bidang IT menjelaskan jika ingin berkecimpung di dunia entrepreneurship, maka yang harus dilakukan adalah menetapkan tujuan awal. Karena dari tujuan awal yang jelas inilah mampu mendorong diri kita agar terus termotivasi. Kemudian beliau menambahkan jangan ragu untuk terus mencoba. Karena mumpung masih muda, maka jangan ragu mencoba hal baru meski berujung kegagalan. Karena sebenarnya masa muda adalah kesempatan yang baik untuk menghabiskan jatah gagal seseorang. CEO jelasin.com ini juga menjelaskan bila seseorang itu masih ragu untuk langsung terjun di dunia entrepreneurship dan memilih untuk bekerja sebagai pegawai terlebih dahulu, maka jangan bekerja untuk sekadar mencari uang, tetapi jadikan ajang untuk mencari ilmu.

Selain menjadi entrepreuneur, seseorang yang ingin bekerja sebagai pegawai di sebuah perusahaan juga harus mempersiapkan dirinya dengan baik. Sebagaimana yang dikatakan Pak Djuliawan, untuk menjadi seorang pegawai maka semestinya mempersiapkan dirinya dengan baik.  Manajer Bidang Downstream Relationship Pertamina ini menjelaskan, cara mempersiapkan diri dengan baik diantaranya mencari tahu syarat-syarat untuk menempati suatu pekerjaan tertentu, lalu pastikan diri sendiri untuk memenuhi seluruh persyaratan tersebut. Kemudian jangan lupa untuk melihat kompetitor dan membuat prioritas. Karena jika tidak demikian, maka kemauan untuk mengembangkan kemampuan diri akan terhambat.

Di akhir sesi ini, kedua narasumber menjelaskan bahwa apapun pilihan yang diambil, entah menjadi employee atau menjadi ITpreuneur, jalanilah dengan sebaik-baiknya dengan passion, agar apa yang kita geluti bisa kita nikmati. (rgn)

Share