Mengenal PIMNAS Lebih Dalam

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau yang biasa disebut dengan  PIMNAS merupakan kegiatan berkelanjutan yang diselenggarakan sebagai ajang ilmiah mahasiswa seluruh Indonesia. PIMNAS ke-22 kali ini dilaksanakan di Universitas Brawijaya (UB), Malang. Penunjukan Universitas Brawijaya sebagai tuan rumah PIMNAS ini berdasarkan pada surat keputusan Dirjen Dikti.

Awalnya, sebelum kegiatan berskala nasional ini  disebut dengan PIMNAS, pada tahun 1980 kegiatan ini bernama LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah). Sesuai dengan namanya, kegiatan ini hanya melombakan pembuatan karya tulis ilmiah mahasiswa. Penyelenggara pertamanya adalah Universitas Indonesia (UI). Seiring dengan perkembangan zaman, kegiatan LKTI ditambah dengan kegiatan penunjang lainnya, seperti Bazar, Studium Generale, Pentas Seni, dan Seminar. Penyempurnaan yang dilakukan terus menerus akhirnya menghasilkan kegiatan yang disebut dengan Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM) dan pada tahun 1990 diubah menjadi PIMNAS.

Penyelenggaraan PIMNAS di Indonesia ini dilatarbelakangi dengan keiinginan kuat para mahasiswa untuk memiliki suatu kegiatan atau forum komunikasi ilmiah sebagai ajang penyajian karya piker kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Sebenarnya telah banyak aktivitas ilmiah mahasiswa namun belum menjadi agenda nasional. Kegiatan tersebut masih berada di seputar kampus dan hanya melibatkan kampus-kampus yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, PIMNAS ini diagendakan secara nasional dan berkelanjutan.

Penyelenggaraan LKIM dan PIMNAS  dimulai dari tahun 1988 sampai tahun 2009 ini. Kampus kita, ITS, pernah menjadi tuan rumah PIMNAS-IX pada tahun 1996. Kegiatan puncak PIMNAS-XXII di UB, Malang ini dilaksanakan mulai tanggal 21-25 Juli 2009. Tim-tim dari ITS sekarang ini juga sedang berjuang disana. Semangat berjuang dan semoga sukses!

Share