Schematics Ajak Indonesia Terbang ke Awan

NST_SchematicsSurabaya (19/10) diadakan National Seminar of Technology (NST) bertemakan Future lifestyle is everything goes online yang membahas tentang Cloud Computing di Gedung Pusat Robotika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). NST merupakan salah satu acara terbesar dari Schematics 2014 yang diadakan oleh Himpunan Teknik Computer Informatika (HMTC) dan jurusan Teknik Informatika ITS setiap tahun. Pembicara NST kali ini ada Gita Surya Wijaya, beliau seorang Praktisi Teknologi Informasi dan Prof. Ricardus Eko Indrajit, beliau seorang Ketua Umum APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer) sekaligus alumni Teknik Informatika ITS. NST dipandu oleh Nida Amalia dan Wildan Fajria Lazuardy (Mahasiswa Teknik Informatika ITS angkatan 2013) sebagai pembawa acara. Peserta NST terdiri dari pelajar sekolah menengah, mahasiswa dan masyarakat umum. Selain acara seminar juga terdapat IT Expo yang merupakan rangkaian dari acara NST yang bekerja sama dengan acara REEVA Schematics 2014 sehingga pengunjung bisa melihat produk IT buatan mahasiswa jurusan Teknik Informatika ITS.

Acara NST dibuka dengan registrasi peserta seminar di depan Gedung Pusat Robotika. Sebelum acara seminar dimulai peserta dapat berkeliling untuk melihat IT Expo. Di IT Expo ini peserta dapat mecoba produk – produk IT buatan mahasiswa jurusan Teknik Infrmatika ITS di masing – masing stan Labolatorium di jurusan Teknik Informatika. Misalnya saja di stan Labolatorium Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) peserta dapat mencoba aplikasi untuk penderita autis mengunakan kinek. Selain itu ada stan dari Google Student Ambassador (GSA) yang menawarkan produk Google dan masih banyak lagi. Pemaparan materi pertama di acara seminar oleh Gita Surya Wijaya yang membahas secara teknis tentang Cloud Computing. Mulai dari pengertian Cloud Computing hingga kelemahan dan kelebihan teknologi Cloud Computing dibahas secara mendetail dalam sesi pertama acara seminar ini. Materi ini dibawakan secara ringan sehingga peserta yang latar belakangnya bukan dari bidang IT dapat mengerti dan memahami materi tersebut karena Cloud Computing tidak hanya dapat dimanfaatkan dibidang IT tetapi juga dapat dimanfaatkan dibidang lainya seperti transportasi, pelayanan umum, pendidikan dan masih banyak lagi manfaat Cloud Computing di berbagai bidang. Selain memaparkan materi Gita Surya Wijaya juga menghimbau peserta untuk menjadi ITpreneur yang aktif membuat produk – produk terbaru dan bermanfaat untuk kehidupan orang banyak. “Lebih baik jadilah ITpreneur hasilkan teknolgi yang dapat bermanfaat bagi orang banyak dengan sendirinya uang akan mengalir ke kalian”, berikut tutur beliau. Selain pemaparan materi juga terdapat sesi tanya jawab, antusias pengunjung terlihat dalam sesi kali ini karena bayaknya peserta yang ingin bertanya. Sebelum menuju pemateri kedua ada pengenalan produk Google yang berhubungan dengan Cloud Computing yaitu Google Drive. Pengenalan produk Google ini dibawakan langung oleh Google Student Ambassador  (GSA) Radhea Permata Dewi seorang mahasiswa Teknik Infrmatika ITS angkata 2012. Selain memperkenalkan produk Google Drive, Dhea kerap dia dipanggil juga mempraktekan bagaimana menggunakan Google Drive itu sendiri. Pembicara kedua Prof. Ricardus Eko Indrajit membahas tentang pemanfaatan Cloud Computing untuk mengatasi masalah disekitar kita. Beliau menunjukkan beberapa permasalahan sekaligus solusi yang dapat dipecahkan menggunakan teknologi Cloud Computing. Menurut beliau acara seminar ini sangat luar biasa sekali terlihat dari antusiasme peserta terhadap materi yang disampaikan. “Untuk mendeskripsikan acara ini cukup dua kata luar biasa”, ujar beliau dengan penuh semangat. Tidak mau kalah dari pemateri peserta juga penuh semangat dalam bertanya dan memperhatikan materi. “Acara NST kali ini keren sekali, seminar ini membuka mata kita tentang dunia teknologi Cloud Computing yang dapat kita kembangkan di Indonesia”, pendapat dari salah satu peserta.

Semoga dengan diadakannya acara ini dapat memotivasi peserta untuk menggunakan teknologi secara kreatif dan sebaik mungkin untuk kebermanfaatan seluruh masyarakat Indonesia. Selain acara NST ini, masih banyak rangkaian acara terbesar dari Schematics 2014 salah satunya adalah REEVA (Revolutionary Entertainment and Expo with Various Art). Rangkaian acra ini adalah konser musik dan expo. Untuk expo sendiri REEVA bekerja sama dengan NST untuk mengadakan IT Expo yang berlangsung bersamaan dengan NST. Untuk konser musik REEVA akan diadakan tanggal 24 Oktober 2014 di Graha Sepuluh Nopember dengan mengundang White Shoes & the Couples Company, Payung Teduh, Kunto Aji, ITS Jazz, Humi Dumi, Alepak dan masih banyak lainya sebagai pengisi acara. Jadi jangan lewatkan malam puncak Schematics 2014 di acara REEVA kali ini. Untuk info lebih lanjut klik www.schematics-its.info! (ema)

Share