Cerita di balik PJTD “Bercerita”

IMG_8414HMTC ITS mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada akhir pekan kemarin, 7-8 Maret 2015. PJTD kedua sepanjang sejarah HMTC ini dihadiri oleh dua puluh peserta dari mahasiswa Teknik Informatika ITS angkatan 2014. Mengangkat tema “Bercerita” , PJTD kali diisi oleh pemateri dari berbagai latar belakang, mulai dari aktivis mahasiswa hingga praktisi di dunia jurnalistik.

Acara ini dibuka secara resmi oleh sekretaris jurusan Bapak Dwi Sunaryono. Materi pertama adalah wawasan pers yang dibawakan oleh Pasca H. Winanda. Para peserta diajak mendalami berbagai topik pers seperti kode etik jurnalistik serta peran dan fungsi pers mahasiswa. Kemudian dilanjutkan materi kedua yakni keterampilan menulis yang dibawakan oleh Bapak Arif Santosa selaku managing editor Jawa Pos. Materi kedua terasa sangat menarik karena beliau membagikan beragam pengalamannya serta pengalaman para reporternya dalam meliput peristiwa-peristiwa di tanah air. Para peserta pun terlihat antusias dengan menyampaikan berbagai pertanyaan kepada Arif. PJTD hari pertama kemudian ditutup dengan materi fotografi jurnalistik oleh Akhmadi.

Pada hari kedua, peserta mendapatkan dua materi selanjutnya yaitu motivasi menulis dan pengenalan desain. Materi motivasi menulis dibawakan oleh Farendy Arlius, Menkominfo BEM ITS 2013-2014. Farendy yang telah menerbitkan berbagai buku dengan tanggap menjawab berbagai pertanyaan peserta mengenai kepenulisan. Materi terakhir pengenalan desain dibawakan oleh Abdi Nur Utomo. Peserta belajar mengenai konsep-konsep desain, warna, serta pengenalan Corel Draw serta teknik pembuatan poster.

Puncak acara PJTD adalah simulasi total yang turut melibatkan pengurus harian HMTC. Para peserta disebar untuk mewawancarai pengurus harian atau perwakilan dari setiap departemen. Para peserta diberikan tugas untuk membuat artikel tentang program kerja yang telah dilaksanakan departemen tersebut serta membuat poster untuk program kerja-program kerja yang akan dilaksanakan.

Setelah pengerjaan simulasi total, peserta yang dibagi menjadi kelompok-kelompok kemudian mempresentasikan hasil karyanya kepada staff dari Departemen Media Informasi HMTC. Para peserta diberikan berbagai feedback serta saran-saran dari staff sebagai koreksi dan perbaikan untuk kedepannya.

Pada akhir acara, panitia memberikan penghargaan kepada para peserta. Penghargaan-penghargaan tersebut diantaranya kepada CV terbaik, nametag terbaik, esai terbaik, artikel terbaik, poster terbaik serta peserta terbaik. Keenam pemenang mendapatkan hadiah spesial dari Medfo HMTC.

Acara PJTD kali ini ditutup dengan pembacaan KPP dan foto bersama. Setelah pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat berkontribusi dalam dunia jurnalistik di lingkungan Teknik Informatika maupun di ITS.

Share