Kunjungan HIMATIFTA ke HMTC

Rabu (10/06), HMTC menerima kunjungan dari Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (HIMATIFTA), Surabaya. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama yang diterima oleh HMTC Optimasi periode 2015/2016.

HIMATIFTA yang diketuai oleh Muhammad Syi’fa, membawa serta 5 orang anggota kabinetnya  yang terdiri dari 2 divisi, yaitu Sosial Masyarakat dan Hubungan Masyarakat. Kunjungan dimulai dengan perkenalan dari masing-masing himpunan serta penjelasan program kerja tiap departemen.

Kunjungan dilanjutkan dengan pembahasan forum komunikasi. HIMATIFTA memaparkan tentang Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (FORKOMTIF) yang sebelumnya telah diikuti oleh HIMAFIFTA. Forum ini terdiri dari sembilan himpunan Teknik Informatika se-Jawa Timur, yaitu:

  • Universitas Trunojoyo Madura
  • Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
  • Universitas Pembangunan Nasional ” Veteran” JATIM Surabaya
  • Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Universitas Widya Kartika Surabaya
  • Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Universitas Islam Negeri Malang
  • Institut Teknologi Negeri Malang
  • Universitas Ronggolawe Tuban

Untuk saat ini, FORKOMTIF sedang tidak aktif. Oleh karena itu, HIMATIFTA melakukan kunjungan ke HMTC ITS untuk melakukan silaturahmi sekaligus berbincang-bincang mengenai forum tersebut kedepannya.

Sebelumnya, forum komunikasi untuk mahasiswa Teknik Informatika telah dibentuk. Pada tahun 2010, tepatnya 29 September, dibentuk Komunitas Himpunan Informatika dan Ilmu Komputer Indonesia (komHIKI) untuk regional Surabaya, Madura, dan Malang. Forum ini dicetuskan oleh HMTC ITS dengan mengeluarkan surat deklarasi terbentuknya forum komHIKI. KomHIKI sendiri diikuti oleh 15 jurusan. Namun, nasib komHIKI tidak jauh berbeda dengan FORKOMTIF. KomHIKI yang diharapkan dapat menjadi forum aktif untuk himpunan Teknik Informatika se-Indonesia ini, terhenti pergerakannya karena tidak aktifnya kepengurusan dari komHIKI.

Saat ini, kedua forum tidak berjalan alias vakum sementara. Oleh karena itu, dengan kunjungan yang dilakukan HIMATIFTA ke HMTC, kedua jurusan dapat saling membantu dan mengajak himpunan Teknik Informatika lain untuk melanjutkan forum tersebut agar tetap aktif dan bermanfaat. Semoga kedepanya, kedua forum tersebut dapat menjadi satu sehingga tidak ada dualisme forum di Jawa Timur ini. (ars/nid)

Share