Kunjungan Mahasiswa Negara Ginseng ke ITS Surabaya

orca_share_media1440634581816

The Global Volunteer Corp adalah sebuah program kerjasama antara kota Surabaya, Jawa Timur dengan kota Busan, Korea Selatan. Salah satu event dari program ini adalah kunjungan dari mahasiswa Universitas Dong Eui di Korea Selatan ke  Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya. Acara kunjungan ini berlangsung pada hari Selasa 11 Agustus 2015 silam, bertempat di lantai 3 Gedung SCC ITS Surabaya.

Adapun judul acara kunjungan para mahasiswa dari Universitas Dong Eui Korea Selatan ini adalah, “Sharing Session & Special Performance from Dong Eui University”. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa parlemen mahasiswa ITS berbagai jurusan, ITS IO, perwakilan dari Universitas Dong Eui, dan pihak kemahasiswaan yang terkait.

Sesuai dengan nama acaranya, Sharing Session & Special Performance di lantai 3 Gedung SCC ITS berisikan sharing dan performance dari pihak ITS dan juga Universitas Dong Eui. Setelah dimulai dengan sambutan-sambutan dan kata pengantar dari kedua belah pihak, acara yang dimulai pada pukul 16.00 WIB ini dilanjutkan dengan penampilan tari oleh mahasiswa ITS. Adapun tarian yang di unjuk gigikan adalah Tari Sparkling Surabaya, yaitu jenis tari Jawa Timur yang berkembang di metropolis dengan sentuhan gerakan modern. Penampilan ini disambut meriah oleh mahasiswa ITS maupun mahasiswa Universitas Dong Eui.

Selesainya Tari Sparkling Surabaya menjadi lonceng dimulainya pertunjukan dari mahasiswa Universitas Dong Eui. Penampilan pertama mereka, yaitu memainkan musik tradisional khas Korea Selatan. Penampilan ini menggunakan alat musik khas Korea Selatan yang berbunyi cukup keras, namun terdengar harmonis saat dimainkan bersama. Tepuk tangan yang keras dari penonton mampu menyaingi suara alat musik tradisional dari Negara Macan Asia tersebut, sembari mengakhiri penampilan pertama mereka.

Penampilan berikutnya adalah penampilan dari kelompok taekwondo Universitas Dong Eui. Beragam atraksi menarik ditampilkan secara bergantian, dengan media papan kayu yang telah dipotong berbentuk persegi panjang. Pematahan papan kayu dengan kepala, tangan, kaki, rotate kick, dan double rotate kick memacu riuhnya sorakan penonton yang terkagum oleh skill yang dimiliki para anggota klub taekwondo Universitas Dong Eui.

Penampilan terakhir mahasiswa Universitas Dong Eui di Gedung SCC lantai 3, yaitu K-Pop Dance. Genre dance yang cukup populer di kalangan muda Indonesia ini, ditampilkan oleh sekelompok mahasiswa yang semuanya beranggotakan perempuan. Antusiasme penonton pun meningkat seiring dimulainya tarian modern dengan koordinasi gerakan dan musik yang teratur ini.

Setelah K-Pop dance berakhir, acara Sharing Session & Special Performance ini pun berakhir pula. Para mahasiswa Universitas Dong Eui yang dipandu oleh Pemkot Kota Surabaya ini, bersiap untuk melakukan kunjungan ke 2 jurusan di ITS, yaitu jurusan Teknik Informatika dan Biologi. Mereka terbagi menjadi 2 kelompok, yang masing masing berkunjung ke Teknik Informatika dan Biologi secara terpisah. Di jurusan Teknik Informatika para mahasiswa Universitas Dong Eui mengunjungi beberapa ruangan dan lab komputer. Sedangkan di jurusan Biologi, selain mengunjungi ruangan dan lab, para mahasiswa Universitas Dong Eui juga belajar bagaimana cara membuat tempe.

Selesainya kunjungan ke 2 jurusan di ITS menjadi tanda selesainya kunjungan mahasiswa Universitas Dong Eui di ITS. Sekitar pukul 18.30 WIB, setelah berpamitan dan mengucapkan terima kasih, mereka dipandu oleh Pemkot Kota Surabaya ke penginapan tempat mereka beristirahat.

Share