Open Talk Kerja Praktik 2015

otkpKerja Praktik adalah salah satu mata kuliah wajib yang men­jadi syarat kelulusan sehingga harus ditempuh para mahasiswa jurusan Teknik Informatika ITS Surabaya. Kerja Praktik itu sendiri bertujuan un­tuk mempersiapkan para mahasiswa untuk menjalani kehidupan pasca kampus dengan pelajaran-pelajaran yang telah didapatkan selama kuliah. Namun, seringkali mahasiswa Kerja Praktik tidak mendapatkan wawasan teknologi informasi yang digunakan dalam dunia kerja secara maksimal.

Oleh karena itu, Himpunan Maha­siswa Teknik Computer-Informatika (HMTC) mengadakan Open Talk Kerja Praktik yang bertujuan untuk mem­berikan gambaran mengenai kuliah kerja praktik itu sendiri sehingga dapat mempersiapkan kerja praktik lebih matang.

Open Talk Kerja Praktik yang merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Profesi ini diadakan pada hari Kamis (22/10) dan diikuti oleh mahasiswa TC angkatan 2013, dengan pembicara dari dosen dan mahasiswa TC ang­katan 2012 yang telah melaksanakan kerja praktik.

Bapak Radityo Anggoro, yang merupakan dosen bidang kemaha­siswaan sekaligus pembicara pertama pada Open Talk Kerja Praktik, mem­berikan wawasan mengenai kerja praktik. Mulai dari pengertian kerja praktik, hingga prosedur alur penga­juan kerja praktik dijelaskan secara rinci oleh beliau.

Selain tentang penjelasan men­genai kerja praktik itu sendiri, Open Talk Kerja Praktik ini menghadirkan pembicara dari angkatan 2012. Yusro Tsaqova yang merupakan pembicara selanjutnya menceritakan pengala­mannya yang menarik saat kerja prak­tik di GDP Labs. Dilanjutkan oleh Peni Sriwahyu yang telah menyelesaikan kerja praktiknya di Telkom Sidoarjo, dan Angga Saputra di Chevron Indo­nesia Company.

Para pembicara menceritakan pengalamannya mulai apa saja yang harus dipersiapkan sebelum kerja praktik, pelaksaan kerja praktik itu sendiri, apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan saat kerja praktik, bahkan gaya hidup sampai hal-hal menarik lainnya yang mereka alami saat kerja praktik. Penyampaian pengalaman pembicara ini membuat para peserta mendapatkan gambaran lebih tentang kerja praktik yang akan mereka jalani.

Setelah sesi tanya jawab, dan penyampaian pesan-pesan kepada angkatan 2013 yang akan menempuh kerja praktik, Open Talk Kerja Praktik ini ditutup dengan pemberian cindera­mata kepada para pembicara.

Share