Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum 2016

okkbk-2016

Pada masa peralihan kita dari siswa SMA menjadi seorang mahasiswa, tentunya akan ada suatu perubahan dari lingkungan maupun budaya. Dari sisi akademik, sistem yang diterapkan di perguruan tinggi dengan di SMA sudah tentu berbeda. Pada saat di bangku SMA dulu siswa selalu dituntun, sedangkan di perkuliahan ini mahasiswa diharuskan untuk memiliki inisiatif dan intuisi sendiri dalam memenuhi kebutuhan akademiknya.

Dalam menyikapi hal tersebut, tentunya seorang mahasiswa harus mampu bersikap mandiri dan dewasa sehingga mampu menghadapi masalah yang dialaminya. Hal ini tentu akan menimbulkan guncangan bagi seseorang karena ketidaksiapan mental, fisik, dan hati untuk menerima sesuatu yang baru baginya dan memiliki perbedaan yang signifikan dengan keadaan sebelumnya. Proses adaptasi seseorang harus tetap dijalani bila berada di lingkungan baru, dalam hal ini di lingkungan kampus. Oleh sebab itu, di setiap awal tahun ajaran baru selalu diadakan acara pengenalan kampus, dalam hal ini disebut dengan OK2BK, yaitu Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum. OK2BK ini merupakan kegiatan yang mengawali pengaderan dari tiap jurusan di ITS.

OK2BK kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan dengan adanya kebijakan Rektor ITS, Prof. Ir. Joni Hermana M.Sc., Es., Ph.D., yang menyatakan bahwa kaderisasi di ITS akan mulai dilaksanakan saat mahasiswa baru memasuki semester 2. Maka dari itu pelaksanaan OK2BK kali ini ingin lebih menekankan pada pengenalan kehidupan kampus dan budaya-budaya yang ada, serta merekatkan satu angkatan sebagai mahasiswa ITS 2016.

Acara ini diberi nama “HMTC SIGN UP 2016”. Konsep acara yang diangkat dalam OK2BK kali ini ada beberapa metode, yaitu ceramah, diskusi, instruksi, Joyful Learning, Touring, Controlling, motivasional dan tes angket.

Kegiatan HMTC SIGN UP 2016 dimulai hari Senin (29/08) hingga hari Kamis (01/09).  Materi yang diberikan cukup banyak, yaitu materi seputar keprofesian, PKM, etika dan tata karma, materi dari International Office, sharing pengalaman, pengenalan jurusan, struktur organisasi, dan tujuan jurusan, hal-hal ini ditujukan untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2016 terhadap almamater ITS pada umumnya dan terhadap jurusan Teknik Informatika pada khususnya. Serta membagikan ilmu dan pengalaman yang berhubungan dengan keprofesian kepada mahasiswa baru Teknik Informatika ITS 2016.

Tak lupa di hari terakhir HMTC SIGN UP 2016 diadakannya touring, yakni pengenalan laboratorium yang ada di Teknik Informatika dilakukan dengan tour lab, yang nantinya akan dijelaskan fungsi dan aturan dari masing-masing laboratorium oleh admin lab. Serta diadakannya tes angket untuk menguji seberapa paham Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2016 dengan materi HMTC SIGN UP 2016 selama tiga hari sebelumnya. Terakhir, ada acara penutupan Malam Keakraban atau biasa disebut dengan “Makrab” yang berfungsi sebagai penutup kegiatan HMTC SIGN UP 2016  tahun ini.

Tujuan utama diadakannya HMTC SIGN UP 2016 ini adalah saling kenalnya Mahasiswa Teknik Informatika ITS 2016 antara satu dengan yang lain, agar saat perkuliahan nanti bisa lebih mudah saling membantu, demi tercapainya nilai akademik yang memuaskan.

Share