Kunjungan HIMKA ke HMTC

kunjungan-himka-ke-hmtc

Tak bisa dipungkiri, setiap insan di dunia memiliki keinginan tersendiri untuk dapat berkembang lebih baik. Tak hanya individu, setiap organisasi manapun juga turut berkeinginan untuk membawa organisasinya menjadi lebih baik. Setiap organisasi selalu ingin menambah pengetahuan untuk dapat bersaing di era globalisasi yang terasa terus berkembang pesat. Sejalan dengan hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika atau akrab disebut HMTC pun ikut menapaki langkah untuk terus menambah pengetahuan dengan melakukan atau menerima kunjungan dari atau ke ormawa yang ada di ITS.

Selasa (27/9), HMTC menerima kunjungan dari Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA). Dalam kunjungan tersebut, HMTC dan HIMKA menjalin silaturahmi dan saling berbagi ilmu dalam setiap departemen yang dimiliki masing-masing himpunan. HIMKA dengan mantap menjelaskan departemen-departemen dan proker-proker yang dimiliki oleh mereka.

Pada departemen Risktekpro, terdapat klub keilmiahan yang dapat menunjang tentang karya tulis ilmiah. Departemen ini juga memiliki posko online untuk PKM. Pada departemen Hubungan Luar, frekuensi dalam melakukan proker internasionalisasi cukup tinggi dan kerja sama dengan pihak ketiga sangat baik. HIMKA juga memliki ikatan alumni yang sangat kuat, bahkan sering melakukan kegiatan seperti futsal bersama dan cukup terjadwal. Tak berbeda dengan departemen Hubungan Luar, Departemen Sosial Masyarakat telah memiliki memiliki jadwal tetap untuk mengajar. Mendukung proker Departemen Sosial Masyarakat, HIMKA telah mempunyai kampung binaan sendiri.

Terjun pada warga, Departemen Dalam Negeri mempunyai database dari angkatan pertama sampai sekarang dan telah memiliki konsep syukuran wisuda yang baik. Departemen PSDM memiliki tim PSDM Staf untuk memantau perkembangan staf dan adanya pembagian pemantau departemen dari wakahima serta pemetaan dan controlling mereka tidak hanya terhadap mahasiswa tahun pertama, tetapi juga tahun kedua dan ketiga.

Departemen Media Informasi dan Departemen Perekonomian masih terbilang baru karena baru terbentuk di tahun 2014 lalu. Proker-proker yang dijalankan pun masih dalam tahap pertimbangan. Departemen ini berharap nantinya dapat melakukan kerja sama dengan himpunan lain mengenai proker dan event yang akan mereka laksanakan.

Lagi, Departemen Minat Bakat memiliki inventaris untuk perlengkapan alat olah raga yang lebih terstruktur. Departemen Kesejahteraan Mahasiswa memiliki kotak saran fasilitas jurusan yang nantinya menjaring aspirasi, saran, dan kritik untuk departemen tersebut agar kedepannya lebih baik dalam mewadahi mahasiswanya.

Kunjungan HIMKA ke HMTC berlangsung dengan antusiasme para staf yang saling melemparkan pertanyaan dan saran membangun untuk masing-masing departemen. Diharapakan nantinya banyak proker maupun inovasi yang dapat berguna bagi HMTC di kepengurusan selanjutnya. Semoga tali silaturahmi kita terhadap KM ITS lain tidak berhenti setelah kunjungan dan semoga HMTC dapat menjadi inspirasi bagi KM ITS yang lain. Vivat TC!

Share