COMPANY VISIT “BLIBLI.COM”

Company Visit merupakan kunjungan perusahaan yang dilakukan oleh sekumpulan elemen masyarakat Company Visit sendiri seringnya dilakukan pada perusahaan yang memproduksi sutu barang ataupun jasa yang populer di kalangan masyarakat. Artikel kali ini akan membahas company visit yang dilakukan mahasiswa informatika ITS pada tanggal 16 Januari 2018 ke salah satu perusahaan IT(startup) dalam bidang jual beli ternama yaitu blibli.com. Kegiatan kunjungan company visit ke blibli.com itu sendiri bertujuan untuk mengetahui ranah pekerjaan, situasi dan kondisi perusahaan serta persaingan perusahaan, dan juga mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan pengaplikasianya dalam bidang IT dan bisnis. Bertempatkan di Jakarta, mahasiswa informatika dengan peserta sebanyak 34 orang memulai serangkaian kegiatan kunjungan tersebut dari pukul 10 yang dibuka oleh ka Ariani selaku penanggung jawab acara company visit dari blibli.com, lalu dilanjutkan oleh ka Yunike yang menjelaskan tentang:

  1. visi : Visinya adalah memberikan pengalaman belanja kepada para pelanggannya untuk dapat berbelanja online yang aman, nyaman dan membebaskan.
  2. misi: misinya adalah menjunjung semangat kebersamaan, transparan, sesuai dengan norma ke-indonesiaan dan komitmen pada pelayanan.
  3. motto : R untuk Risk Taking
    1. E untuk Excellence
    2. S untuk Serving
    3. P untuk Passionate & Proud
    4. E untuk Employee’s Great Place to Work
    5. C untuk Costumer Focus
    6. T untuk Teamwork (2)

Rangkaian acara selanjutnya dilanjutkan oleh mas saputra sebagai quality assurance yang menjelaskan tentang apa itu software testing dan Perbedaan pandangan tentang program menurut developer, programer, desain analis, dan pengguna. Software testing sendiri biasa di uji dengan dua metode yaitu dengan manual testing atau bisa juga dengan bot. Lalu dilanjutkan oleh Mas ibnu sebagai developer front end yang membahas tentang bagaimana dan mengapa front end itu sangat penting dalam membuat web. Pembahasan juga dilanjutkan dengan informasi mengenai Product funnel yang terdiri dari tiga hal yaitu :

1.product manager

2.development manager

3.program manage

Dan beberapa hal yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam bekerja di blibli.com dengan 5 cara dan metode seperti :

  1. Waterfall problem
  2. Agile

2.1 focus in businnes value

2.2embrace changeals

2.3 very fast and rapid delivery

Acara selesai tepat pada pukul 12.35 dan ditutup dengan foto bersama

Share