Basic Media Schooling 2017: Mata dan Media

basic-media-schooling-2017

Basic Media Scholing (BMS) atau yang sempat bernama Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) merupakan sebuah kegiatan pelatihan yang diselenggarakan hampir di seluruh himpunan mahasiswa pada tiap departemen di ITS, dan dipantau langsung oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika BEM-ITS. BMS sendiri adalah pelatihan yang menunjang minat mahasiswa S1 ITS di bidang jurnalistik dengan materi-materi seputar teknik dasar jurnalistik, teknik menulis, desain, fotografi/videografi, teknik reportase, dan web development. Pemateri-pemateri yang diundang merupakan pemateri-pemateri andal mulai dari dalam ITS sampai luar ITS. Nah, pada tanggal 4-5 Maret 2017 kemarin, HMTC ITS mengadakan BMS yang mengangkat tema: “Mata dan Media” dengan peserta sebanyak 58 peserta. Para peserta sangat antusias dengan kegiatan ini.

Pada hari pertama, para peserta datang lebih awal sebelum pembukaan dan registrasi dengan sangat antusias. BMS dibuka dengan sambutan-sambutan dari Bapak Dwi Sunaryo, S.Kom, M.kom selaku sekretaris jurusan HMTC, Irfan Hanif selaku Ketua HMTC, dan Renaldi Wahyudiono selaku ketua pelaksana BMS 2017 HMTC. Setelah sambutan, para peserta istirahat dan sholat dhuhur terlebih dahulu untuk kemuian masuk dan mulai mendengarkan materi. Materi pertama berisi seputar teknik jurnalistik yang dibawakan oleh Yudhiasko Kurnia Wibowo, rerorter senior SBO TV. Kemudian diteruskan dengan materi teknik menulis yang dibawakan oleh Sifa Rahmania A’la, salah satu kru ITS Online. Kemudia materi dilanjutkan kembali seputar teknik desain yang dibawakan oleh Astried Maulidya dan Heru Setiawan dari Deptartemen Desain Produk Industri prodi DKV.

Pada hari kedua, antusiasme peserta tetap tinggi dalam mengikuti pelatihan ini. Setelah registrasi para peserta langsung disajikan materi tentang teknik fotografi/videografi yang dibawakan oleh Stanley Wijaya, ketua ITSTV, dilanjutkan dengan materi teknik reportase yang dibawakan oleh Nia Paramita, kru ITSTV, dan terakhir materi web development oleh Andi Ersaldy Raisha, ketua Media dan Informasi HMTC ITS. Selesai sudah materi-materi yang diberikan oleh para pemateri, peserta pun ditugaskan untuk melakukan simulasi dengan tugas memperkenalkan suatu produk melalui sebuah desain, dan video menggunakan teknk yang dipelajari, dan tidak lupa dipresentasikan. Setelah presentasi simulasi berakhir dilanjutkan dengan pengenalan medfo HMTC, Awarding, dan pemaparan kegiatan pasca pelatihan dan ditutup dengan foto peserta bersama panitia BMS.

Share