Malam Keakraban 2016: Erat Bersahabat

malam-keakraban-2016Siklus adalah perputaran, pengulangan yang berkaitan dengan waktu atau masa. Semua yang ada di sekitar kita terus berputar sesuai siklusnya dan hal itu merupakan tanda kehidupan. Contoh sederhana ialah pergantian waktu, pagi ke siang, siang ke sore, sore ke malam hingga pagi lagi. Beberapa waktu yang lalu satu siklus masa kembali menyapa kita, yaitu datangnya mahasiswa baru Teknik Informatika 2016 atau lebih sering disebut dengan maba. Datangnya maba tersebut menjadi sebuah siklus regenerasi. Siklus ini menjadi sangat penting untuk keberlangsungan jurusan Teknik Informatika.

Setiap masa dari sebuah siklus memiliki keterikatan yang tidak dapat dipisahkan atau dihilangkan. Maba maupun mala (mahasiswa lama) harus memiliki hubungan baik agar siklus tetap berjalan mulus. Himpunan Teknik Computer-Informatika (HMTC) memiliki cara tersendiri untuk mewujudkannya. HMTC merancang sebuah acara yang diadakan di lapangan Teknik Informatika di mana semua mahasiswa berkumpul bersama. Acara ini diberi nama Malam Keakraban atau biasa disebut “Makrab”.

Tema yang diangkat pada Kamis (01/09) lalu cukup menarik, yaitu “Old but Gold”. Tema ini bermakna bahwa semakin lama kita bersama semakin erat tali persahabatan yang terjalin. Malam itu acara dipandu oleh tiga MC yang keren dan seru, yakni Cynthia Dewi, Nabilah Zaki Lismia, dan Ariya Wildan Devanto. Keseruan malam itu didukung oleh penampilan-penampilan dari tiap angkatan. Angkatan 2013 memulai keseruan acara dengan membawakan lagu “Price Tag” diikuti dengan penampilan angkatan 2014 yang mengajak kita ikut menyanyikan lagu “Racun Dunia” bersama. Tak mau kalah, 2015 membawakan lagu galau berjudul “Untitled”. Penampilan terakhir dan penampilan yang paling ditungu-tunggu adalah penampilan angkatan 2016. Dengan kompak, angkatan termuda tersebut membawakan musikalisasi puisi yang menarik untuk dikenang. Asik TC juga ikut meramaikan dengan membawakan lagu “Rahasia Perempuan”.  Setelah semua penampilan selesai, tak lupa tradisi di jurusan Teknik Informatika yaitu Halal Bihalal. Di sinilah suasana kekeluargaan sangat terasa, semua orang turut berbagi salam keakraban.

Kita perlu memahami siklus yang berputar di sekitar kita. Setiap keteraturan putaran itu menjadi bagian dari upaya untuk menemukan sesuatu yang baru. Tinggal kitalah yang harus mencari sesuatu yang berarti untuk terus berbuat dan tidak berhenti pada satu putaran masa. Harapan dari makrab tahun ini adalah terciptanya suasana kekeluargaan antar elemen Informatika. Ketika hubungan terjalin baik maka siklus di Teknik Informatika akan berjalan dengan damai dan lancar. Bisa jadi siklus ini yang akan membantu kita di masa depan dan alat untuk mencapai tujuan dan menjadi momen setiap perubahan atau pencapaian kita. Selamat menjalin keakraban!

Share