Syukuran Wisuda 114: Wingardium Leviosa!

SW-114

Di mana lagi kalian akan menemukan mantra sihir “Wingardium Leviosa” dan wajah jengkel Harry Potter yang tak kunjung berhasil menerbangkan sehelai bulu menggunakan tongkat sihirnya jika bukan di acara Syukuran Wisuda ke-114 Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Syukuran Wisuda atau yang akrab disebut SW sudah menjadi acara tradisi bagi mahasiswa-mahasiswi Teknik Informatika atau biasa disebut TC untuk merayakan kelulusan kakak seniornya tercinta. Acara yang merupakan program kerja dari Departemen Dalam Negeri HMTC INSPIRASI 16/17 ini bukan hanya sebagai formalitas dan penghormatan kepada 160 mahasiswa Teknik Informatika yang telah menyelesaikan masa studinya, namun juga sebagai tools untuk merekatkan hubungan internal antar mahasiswa Teknik Informatika.

Syukuran Wisuda tahun ini dapat dibilang cukup berbeda dari yang sebelumnya. Dengan diketuai Ilham M. Misbahuddin, SW tahun ini mengambil tema “Harry Potter.” Mereka juga menyiapkan seorang maskot Harry Potter untuk meramaikan arak-arakan, juga sihir Wingardium Leviosa yang khusus disiapkan untuk para wisudawan. Mantra sihir itu sendiri bermakna sangat positif. Wingardium berasal dari kata wing dalam bahasa inggris yang artinya sayap, dan arduus dalam bahasa latin yang artinya langit. Sedangkan Leviosa berasal dari bahasa latin, levare, yang artinya mengangkat atau mengambil.

Acara yang diselenggarakan pada Sabtu (17/9) ini berhasil mengumpulkan mahasiswa baru TC 2016 dan beberapa mahasiswa lama dari angkatan 2012 hingga 2015. Seluruh mahasiswa berkumpul sejak pukul 07.00 pagi untuk mempersiapkan dekorasi yang ada di panggung, PB1, memasang banner dan banyak lagi. Dekorasi ini dilakukan untuk menyambut seluruh wisudawan saat tiba di Teknik Informatika dan sebagai wujud pemberian selamat dari junior atas prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai para senior. Seperti biasanya, acara diawali dengan arak-arakan. Mengarak para wisudawan dan beramai-ramai membirukan jalanan dari Grha Sepuluh Nopember menuju Teknik Informatika. Sudah menjadi rahasia umum bahwa arak-arakan dijadikan ajang unjuk kekompakan antar jurusan, sehingga mahasiswa TC juga tidak mau kalah. Sesampainya di Teknik Informatika, para wisudawan disambut meriah dengan senyum dan ucapan selamat juga bunga-bunga dan banyak pemberian lain dari para juniornya. Tidak lupa mengabadikan kenangan dengan berfoto-foto, saling berbagi cerita, dan tertawa bersama. Sungguh mengharukan!

Acara selanjutnya adalah sambutan dari kedua MC yang merupakan perwakilan dari mahasiswa angkatan 2015 yaitu Ivan Fadilah dan Salma Nukhafidoh, sambutan dari ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika yaitu Irfan Hanif, sambutan dari Kepala Jurusan Teknik Informatika yaitu Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom, sambutan dari perwakilan mahasiswa angkatan 2012 yaitu Fahmy Thoriqul Haq, serta disambung dengan penampilan dari Saman TC dan Asik TC. Syukuran Wisuda ke-114 Teknik Informatika ini diakhiri dengan pemberian piagam kepada beberapa mahasiswa yang mendapatkan predikat cumlaude, menyantap makanan yang disediakan untuk para wisudawan dan orang tua, serta penutupan dan doa bersama.

Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Tidak ada yang abadi di dunia ini, begitu pula masa-masa kuliah di Teknik Informatika. Kelulusan bukanlah akhir dari segalanya, namun justru menjadi awal dari karir dan perjalanan hidup yang sebenarnya. Tidak perlu sedih atas kelulusan mereka, yang harus kita lakukan hanyalah mendoakan kesuksesan mereka. Semoga sukses, Kak!

VIVAT TC!

Share