Syukuran Wisuda 115: Bhinneka Tunggal Ika

sw-115-bhinneka-tunggal-ika

Berbeda-beda tetapi tetap satu – itulah makna tema yang diusung dalam Syukuran Wisuda ke-115 Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Tema tersebut diambil dari semboyan negara kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia, “Bhinneka Tunggal Ika”. Frasa yang berasal dari bahasa Jawa Kuno tersebut menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan. Harapannya agar di SW 115, semua elemen Teknik Informatika dapat bersatu dalam perbedaan.

Syukuran Wisuda ke-115 ini menjadi Syukuran Wisuda terakhir Jurusan Teknik Informatika karena di Syukuran Wisuda yang akan datang, Jurusan Teknik Informatika telah berubah nama menjadi Departemen Informatika. Acara yang merupakan program kerja dari Departemen Dalam Negeri HMTC Inspirasi 16/17 ini telah menjadi acara tradisi bagi mahasiswa-mahasiswi Teknik Informatika untuk merayakan kelulusan kakak-kakak seniornya tercinta, sehingga disambut baik dan antusias. Dengan diketuai oleh Rezky Alamsyah, mahasiswa angkatan 2015, acara ini berhasil mempertemukan dan mengumpulkan sebagian besar mahasiswa Teknik Informatika dari angkatan paling muda hingga mendatangkan kakak-kakak alumni yang telah lulus pada syukuran wisuda sebelumnya, untuk menyambut 42 wisudawan di Syukuran Wisuda ke-115 ini dengan rasa haru dan bangga.

Acara yang diselenggarakan pada Minggu (19/3) ini berjalan sangat lancar dan ramai. Seluruh mahasiswa yang turut serta mengarak para wisudawan telah berkumpul sejak pagi untuk mempersiapkan yel-yel yang dinyanyikan sewaktu membirukan jalanan dari Grha Sepuluh Nopember hingga gedung Teknik Informatika. Sedangkan mahasiswa yang bertugas untuk menyambut wisudawan dan orang tua wisudawan, telah berkumpul di gedung Teknik Informatika sedari pukul 09.00 pagi.

Rangkaian acara Syukuran Wisuda kali ini masih tetap sama. Diawali dengan arak-arakan dari Grha Sepuluh Nopember hingga gedung Teknik Informatika dan diakhiri dengan rangkaian acara penyambutan dan makan-makan di gedung Teknik Informatika itu sendiri. Sudah menjadi hal yang sangat lumrah bagi mahasiswa ITS jika arak-arakan wisuda dijadikan sebagai ajang unjuk kekompakan antar jurusan, sehingga mahasiswa Teknik Computer-Informatika yang akrab disebut arek TC juga tidak mau kalah. Sesampainya di gedung Teknik Informatika, para wisudawan disambut hangat dan meriah dengan senyuman, teriakan, ucapan selamat, serta bunga-bunga dan banyak hadiah lain dari para juniornya. Tidak lupa mengabadikan kenangan dengan berfoto-foto, saling berbagi cerita, tawa, tangis, dan haru. Di waktu yang singkat itu, berbagai macam emosi tertumpah dan bercampur padu. Bahkan gedung Teknik Informatika sendiri-pun turut menyambut dengan dekorasi yang merupakan persembahan dari mahasiswa angkatan 2016.

Acara selanjutnya adalah pembukaan dan penyambutan yang dipandu oleh dua MC lucu, Naufal Pranasetyo dan Agatha Putri Adwitya, yang merupakan perwakilan dari mahasiswa angkatan 2015, meliputi sambutan dari ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika yaitu Irfan Hanif, sambutan dari perwakilan wisudawan yaitu Hafiz Nuzal Djufri, Majelis Wali Amanat-Wakil Mahasiswa selama setahun ke belakang, sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Informatika yaitu Dr.Eng. Darlis Herumurti, S.Kom., M.Kom., sambutan dari Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yaitu Prof. Ir. Joni Hermana, MScES., Ph.D., disambung dengan penampilan dari Saman TC. Syukuran Wisuda ke-115 Teknik Informatika ini ditutup dengan pemberian piagam kepada beberapa mahasiswa yang mendapatkan predikat cumlaude, menyantap makanan yang disediakan untuk para wisudawan dan orang tua wisudawan, serta penutupan dan doa bersama.

Jika hidup adalah sebuah pencarian jati diri, maka garis start dimulai dari kampus, namun kelulusan bukanlah garis finish-nya. Lulus adalah sebuah kesempatan. Kesempatan yang besar untuk membuktikan cita-cita yang pernah tertanam, wacana-wacana yang pernah terencanakan, obrolan asal yang belum terealisasikan, menyelesaikan apa yang pernah terucap, melanjutkan segala hal yang sudah dimulai. Sekarang kalian-lah yang yang tentukan sendiri, mau kemana kaki kalian melangkah? Tempat mana yang akan dijelajahi?

Selamat atas gelar sarjananya, Mbak, Mas! Semoga ilmu yang selama ini didapatkan di bangku perkuliahan, di ruang himpunan, maupun di Student Community Center ITS lantai satu, dua, dan tiga , tidak hanya disimpan sebagi artefak, namun diaplikasikan agar berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Aamiin.

Biarkan salam yang mempersatukan kita terus menggema dalam hati dan sanubari:

VIVAT TC!

Share